· Menjelaskan perkembangan/kemajuan prakarsa perubahan level diri (Aksi Nyata modul 1.3) serta memperbaharui rencana berdasarkan
umpan
balik Calon Guru
Penggerak
lain
· Peserta dapat menjelaskan rencana penyampaian disiplin positif di kelas dan strategi penerapan di
sekolah
(Aksi
Nyata
modul 1.4) serta memperbaharui
rencana
berdasarkan umpan balik Calon
Guru
Penggerak lain
· Peserta dapat menunjukkan
kemampuan dalam memandu pembuatan Keyakinan
Kelas
· Peserta dapat menunjukkan kemampuan mempraktikkan Segitiga Restitusi dalam penerapan disiplin positif
Indikator keberhasilan dari kegiatan Lokakarya 2 adalah sebagai berikut:
· Calon Guru Penggerak dapat memperbaharui rencana prakarsa perubahan
level diri
· Calon Guru Penggerak dapat memperbaharui rencana penyampaian penerapan disiplin positif di kelas
dan di sekolah
· Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan kemampuan dalam salah satu bagian praktik keyakinan kelas
· Calon Guru Penggerak dapat menunjukkan kemampuan melakukan disiplin positif dengan segitiga restitusi
Sasaran pelaksanaan Lokakarya 2 program PGP
adalah unsur-unsur yang terkait dengan pelaksanaan Lokakarya 2, adalah sebagai
berikut:
· Kelas berisi 14
calon guru penggerak
· Pengajar Praktik sebanyak 3 orang dalam 1 kelas
·
Panitia Dinas Pendidikan setempat
· BBGP/BGP sebagai tim monitoring dan evaluasi (tidak wajib)
Tahapan/ sesi kegiatan lokakarya yang meliputi :
a. Sesi 1 pembukaan diawali dengan menyapa peserta, ice breaking, pemaparan tujuan Lokakarya dan pembuatan kesepakatan kelas
b. Sesi 2 presentasi dan umpan balik perkembangan prakarsa perubahan level diri (aksi nyata 1.3). Peserta dibagi 3 kelompok dengan masing-masing peserta ada 5 CGP dan 4 CGP didampingi oleh 1 orang PP. peserta secara bergiliran melakukan presentasi , berbagi praktik baik dan saling memberi umpan bali
c. Sesi 3 presentasi dan umpan balik penyampaian rencana penerapan budaya positif (aksi nyata 1.4). Peserta mengerjakan Lembar Kerja Rencana Penyampaian Disiplin Positif, kemudian ditempelkan didinding untuk selanjutnya diberikan umpan balik dari peserta lain, sehingga juga terjadi interaksi antar CGP terkait rencana yang telah dituliskan
d. Sesi 4 reviu singkat keyakinan kelas dan segitiga
restitusi. Pada sesi ini CGP menjawab beberapa kuis sebagai proses reviu materi
tentang budaya positif
e. Sesi 5 praktik keyakinan kelas. Pada sesi ini CGP
dibagikan 5 lembar kerja untuk menjadi dasar dalam melaksanakan praktik
penyusunan keyakinan kelas. CGP dibagi dalam 3 kelompok dengan masing-masing 5
CGP dan ada 4 CGP sehingga setiap CGP
mendapatkan tugas atau peran dalam pelaksanaan praktiknya
f. Sesi 6 praktik segitiga restitusi. Pada sesi ini CGP dibagi menjadi kelompok beranggotakan masing-masing 3 orang. Dalam praktik segitiga restitusi, anggota kelompok secara bergantian berperan sebagai guru, murid dan observer. Dalam praktik ini, masing-masing kelompok mempraktikkan 2 kasus berbeda.
g. Penutupan dan Refleksi
Sesi lokakarya 2 ini ditutup dengan mengajak peserta untuk melakukan
refleksi dengan menjawab pertanyaan pemantik yakni :
1)
Hal baik apa yang sudah saya lakukan di hari ini? Silakan gunakan post -it
warna biru
2)
Hal apa yang bisa saya tingkatkan ke depannya? Silakan
gunakan post-it
berwarna kuning
3)
Hal apa yang saya pelajari
hari ini? Silakan gunakan post-it berwarna hijau
Hasil refleksi tersebut ditempelkan pada kertas plano, kemudian dibacakan dan disimpulkan oleh masing- masing 1 orang untuk setiap pertanyaan refleksi. sebagai penutup kegiatan Pengajar praktik memberikan Ice Breaking Senam Jari kepada CGP dengan harapan para CGP tetap bersemangat dan penuh bahagia melangkah pulang. (Herlina)
Posting Komentar untuk "Beraksi dalam Lokakarya 2 Pendidikan Guru Penggerak Sulbar"