Jurnal Refleksi Minggu ke 24


Jurnal Refleksi Minggu ke 24

Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)
Perjalanan Pendidikan Guru Penggerak telah sampai pada minggu ke 24 di mana saat ini kami telah masih pada modul 3.3 yakni pengelolaan program yang berdampak pada muri . Dalam perjalanan di minggu ini juga kami mempunyai kesempatan untuk berelaborasi bersama pak Fatchuddin Muhctar terkait materi pengelolaan program yang berdampak pada murid, dalam diskusi bersama instruktur semakin membuat kami lebih memahami tentang modul 3.3. Setelah Elaborasi kami lanjut pada LMS dengan menyelesaikan tagihan di LMS hingga masuk pada modul koneksi antar materi dengan membuat PPT sebagai tagihan terkait dengan pengelolaan program yang berdampak pada murid Serta dalam Minggu ini juga membuat perencanaan dalam Melaksanakan Aksi nyata. 

Fact ( Peristiwa ) Setelah saya belajar dari materi Pengelolaan program yang berdampak pada murid selanjutnya kami masuk pada membuatan koneksi antar materi yang tentunya dalam pembuatan koneksi Antar Materi kami diminta untuk mampu membuat penjelasan singkat dalam bentuk PPT terkait program yang telah kami tuangkan dalam demonstrasi kontekstual. Dalam koneksi antar materi ini pula kami diminta mampu mengaitkan Antara materi yang telah kami pelajari dengan program pengelolaan yang berdampak pada murid yang akan kami rencanakan peristiwa lain yang juga mengantarkan saya lebih memahami terkait program pengelolaan yang berdampak pada murid adalah pada saat elaborasi bersama instruktur pak Fatchuddin Muhctar di mana beliau betul-betul menjelaskan secara detail terkait dengan program yang berdampak pada murid terlebih lagi pada saat beliau meminta kami untuk memberikan contoh program yang berdampak pada murid dan pada tahap elaborasi pun saya mendapat kesempatan untuk memberikan contoh program pengelolaan yang berdampak pada murid di mana melalui Google meet saya memaparkan program yang menjadi perencanaan saya di demonstrasi kontekstual dan alhamdulillah pak Fatchuddin Muhctar merespon positif terkait contoh yang saya kemukakan beliau pun mengatakan bahwa contoh yang saya paparkan sudah menggambarkan program yang berdampak pada murid baik melalui suara pilihan maupun kepemilikan. 

Feelings ( Peraasaan ) Adapun perasaan saya setelah mempelajari modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid tentu saya merasa tidak bingung lagi dan saya sangat bersyukur, percaya diri dan semakin memahami strategi dalam membangun dan menggali potensi murid baik melalui suara, Pilihan maupun kepemilikan. Hal inipun Saya tuangkan dalam koneksi antar materi dan penyusunan dalam pembuatan Aksi Nyata sebagai tugas akhir di modul 3.3 yang tentunya program ini akan saya rencanakan secara kontinyu dan membuat program tindak lanjut. 

Finding ( Pembelajaran ) dalam kegiatan minggu ini tentu banyak hal pembelajaran yang saya dapatkan terkait dengan Pengelolaan program yang berdampak pada murid, di mana dalam hal ini pembelajaran yang saya dapatkan adalah Saat murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri maka mereka sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran mereka. Lewat suara, pilihan, dan kepemilikan inilah murid kemudian mengembangkan kapasitas dirinya menjadi seorang pemilik bagi proses belajarnya sendiri. Tugas kita sebagai guru sebenarnya hanya menyediakan lingkungan yang menumbuhkan budaya di mana murid memiliki suara, pilihan, dan kepemilikan dalam apa yang mereka pikirkan, niat yang mereka tetapkan, bagaimana mereka melaksanakan niat mereka, dan bagaimana mereka merefleksikan tindakan mereka. sehingga melalui pembelajaran demikian dapat membangun kepemimpinan murid dan akan berdampak pada kehidupan murid di masa akan datang.

Future ( Penerapan ) sebagai pemimpin pembelajaran semoga kita dapat mengidentifikasi memahami dan merencanakan program intrakurikuler ekstrakurikuler dan kokurikuler yang berdampak pada murid. Di mana guru dapat melibatkan suara pilihan dan kepemilikan dalam melaksanakan sebuah program dan guru memberikan kesempatan dan memberi ruang pada murid yang meluangkan ide serta gagasannya dalam merencanakan sebuah kegiatan, dan pilihan di mana guru memberikan kesempatan pada murid untuk memilih apa dan bagaimana mereka belajar dan hasil pembelajaran yang mereka lakukan pun di nilai oleh mereka sendiri sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan ke depannya. Sementara kepemilikan adalah murid diberi kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan yang mereka rancang sesuai dengan minat belajar yang mereka pilih dan kepemilikan akan terlihat dengan tanggung jawab mereka dalam usaha mensukseskan kegiatannya dan memaksimalkan potensi yang mereka miliki masing-masing.

CGP Herlina

Angkatan ke-4 Polewali Mandar SULBAR 

Posting Komentar untuk "Jurnal Refleksi Minggu ke 24"