Demonstrasi kontekstual 3.2 .a.7


Demonstrasi kontekstual

Oleh Herlina S.Pd M.Pd

Pada tahap ini kami masuk pada modul 3.2 yakni demonstrasi kontekstual dengan pembahasan pemimpin dalam sumber daya. Di mana dalam hal ini seyogyanya kita sebagai guru yang juga sebagai pemimpin pembelajaran bisa memberdayakan dan memaksimalkan diri kita serta aset atau kekuatan yang dimiliki oleh sekolah kita. Tentu dalam proses pengoptimalisasian dan pemberdayaan Segala potensi atau aset atau modal l yang kita miliki untuk membangun kondisi yang lebih ideal sering disebut dengan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset atau pkba. Nah tentu pendekatan ini akan menjadikan individu komunitas dan sosial sebagai bagian dari agen perubahan itu sendiri. Di mana pendekatan ini lebih memfokuskan terhadap aset apa yang dapat diberdayakan dan dimaksimalkan tidak lagi melihat dan fokus terhadap masalah apa yang ada dan telah terjadi karena setiap tantangan dan rintangan yang menghadang selalu dihadapkan dengan kekuatan dan potensi yang dimiliki masing-masing komunitas atau individu atau sekolah sehingga solusi yang dapat akan berlaku secara terus-menerus dan berkelanjutan. Sekolah sebagai suatu komunitas tentu dapat menerapkan pendekatan ini dalam mencapai tujuan dan cita-cita yang tertuang dalam visi dan misi sekolah nah dalam penerapan pendekatan pengembangan komunitas berbasis aset atau pkba ada beberapa aset yang sering dioptimalkan diantaranya aset manusia, sosial, fisik, lingkungan, finansial, politik serta agama dan budaya setelah melakukan pengidentifikasian maka dapat dipaparkan bahwa SMA Negeri 1 Polewali memiliki beberapa modal atau aset yang menjadi kekuatan untuk mencapai cita-cita bersama. 

1. Modal manusia

a. Sekolah kami memiliki pimpinan atau kepala sekolah yang selalu mendukung program sekolah demi kemajuan sekolah.

b. Memiliki dewan guru yang memiliki sertifikat pendidik serta mampu menggunakan iT.

c. Memiliki staf TU yang ahli di bidangnya

d. Memiliki murid yang mempunyai potensi untuk berkembang dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

e. Memiliki petugas keamanan yang siap menjaga keamanan di sekolah baik siang maupun malam.

f. Memiliki hubungan yang baik dengan para alumni dari berbagai angkatan.

g. Memiliki komite sekolah yang mendukung baik ide pemikiran maupun finansial.

h. Memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar yang ramah dan saling menjaga.

i. Memiliki pengaruh sekolah yang rutin memberikan bimbingan untuk peningkatan kualitas sekolah.

j. Memiliki petugas kebersihan yang siap kapan saja membantu membersihkan lingkungan sekolah sarana peribadatan ruang kantor. 

Adapun strategi dalam mengembangkan potensi manusia baik guru maupun siswa Yakni dengan mengikuti pengembangan diri (seperti Diklat seminar workshop MGMP untuk semua guru mata pelajaran), mengikuti berbagai perlombaan baik untuk guru maupun untuk siswa, menjadi tutor sebaya, melibatkan murid dalam perlombaan baik seni olahraga akademik maupun lain sebagainya, melibatkan komite atau wali murid sebagai donatur serta memposisikan tenaga kependidikan sesuai tupoksi dan memanfaatkan opd sekitar sekolah yang dapat menambah pengalaman dan pengetahuan murid terkait instansi tersebut.

2.Modal sosial

Norma dan aturan yang mengikat warga masyarakat yang ada di dalamnya dan mengatur pola perilaku warga, juga unsur kepercayaan dan jaringan antara unsur yang ada di dalam komunitas dan masyarakat. Seperti memberi apresiasi setiap murid yang terlibat dalam kegiatan maupun komunitas sosial dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi profesi sebagai wadah untuk meningkatkan kompetensi.

Strategi nya 

Aturan sekolah yang tegas untuk menanamkan kedisiplinan

Organisasi profesi seperti PGRI/IGI/MGMP

Komunitas keagamaan. 


3. Modal fisik 

Di mana terdiri dari dua kelompok utama yakni

1. Bangunan yang bisa dijadikan kelas atau tempat melakukan proses pembelajaran laboratorium aula atau ruang pertemuan.

2. Infrastruktur sarana dan prasarana seperti saluran pembuangan sistem air, mesin, jalan, jalur komunikasi, sarana pendukung pembelajaran, alat-alat transportasi dan lainnya

Hal ini dapat terlihat dengan adanya ruang kelas, ruang guru, ruang BK ruang tu, ruang kepsek, ruang wakase, laboratorium, perpustakaan, mushola, ruang unit organisasi, Aula, kantin, bank sampah, pos keamanan toilet, listrik, PDAM, dan tersedianya fasilitas wi-fi.

4. Modal lingkungan alam

Di mana sekolah kami telah meraih sekolah adiwiyata Mandiri tingkat nasional yang tentunya modal lingkungan alam sangat mendukung sekolah kami hari ini dapat terlihat dengan adanya kolam ikan , hutan sekolah, taman baca, pepohonan yang rindang hampir di setiap depan kelas, kebun sekolah yang terdapat di belakang sekolah, apotek hidup serta taman baik taman depan kelas maupun taman di depan sekolah. Di mana dalam potensi modal lingkungan ini yakni dengan memberdayakan seluruh warga sekolah dalam Jumat bersih.

5. Model finansial

Adapun dukungan keuangan yang dimiliki SMA Negeri 1 Polewali yakni dana BOS ، iuran komite, program kip pip bagi siswa yang kurang mampu.

6. Modal politik

Di mana dalam hal ini ukuran keterlibatan sosial semua lapisan atau kelompok memiliki peluang atau kesempatan yang sama dalam kepemimpinan serta memiliki suara dalam masalah yang terjadi dalam komunitas hal ini dapat dilihat dengan berbagai kegiatan seperti sosialisasi dari berbagai opd di sekitar sekolah, rapat rutin yang diadakan setiap bulan sekali, dinas Pendidikan setempat yang selalu mendukung setiap program sekolah. Melakukan kemitraan dengan berbagai pihak seperti kepolisian, kodim maupun berbagai badan usaha.

7. Modal agama dan budaya

Di mana dalam mengidentifikasi dan melakukan pemetaan model budaya dan agama merupakan langkah yang sangat penting untuk melihat keberadaan kegiatan dan ritual kebudayaan serta keagamaan dalam suatu komunitas termasuk kelembagaan dan tokoh-tokoh penting yang berperan secara langsung maupun tidak langsung yang di mana program tersebut pun menjadi bagian dari program rutin setiap tahunnya seperti program keagamaan yakni sedekah Jumat ikut berpartisipasi dalam pengajian maupun maulid nabi dan kegiatan keagamaan lainnya.


Refleksi

1. Apa yang kamu kuasai? 

Adapun yang kami kuasai yakni menggali berbagai aset atau sumber daya yang menjadi modal yang telah tersedia di lingkungan sekolah sehingga melalui pemetaan aset inilah Kami berusaha secara memaksimal memanfaatkannya dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan AC yang ada untuk mendukung proses pembelajaran yang tentunya berpihak pada murid.

2. Apa yang paling kamu banggakan dari sekolah ini Dan murid-murid kamu?

Adapun yang saya banggakan dari sekolah saya yakni sekolah kami memiliki fasilitas yang cukup menunjang Dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid serta dapat memberi ruang dalam mengembangkan potensi minat bakat setiap murid baik itu dalam ekstrakurikuler intrakurikuler maupun kokurikuler.

3. Apa yang membuat kamu unik? 

Yang menjadi keunikan di sekolah kami yakni berbagai program yang telah dicanangkan dalam mengisi kegiatan sekolah baik itu program bulanan, Tri Wulan maupun program yang diadakan dalam setiap semester di mana dalam setiap program tersebut tidak lepas dengan tujuan membangun keakraban gotong royong kekeluargaan dan persaudaraan baik sesama murid maupun sesama murid dan gurunya.

4. Kekuatanapa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat / komunitas sekitar?

Sekolah kami telah melakukan hubungan baik dengan warga sekolah opd sekitar sekolah maupun komunitas di luar sekolah dengan mewujudkan tujuan yakni memajukan kualitas pendidikan yang berdampak pada murid dan masyarakat sekitarnya nah di mana dalam berbagai kegiatan ini kami laksanakan seperti kerjasama dengan Puskesmas kepolisian kodim maupun opd lainnya.

5.Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?

Sekolah kami memiliki aset yang mendukung pengembangan potensi setiap murid dan memberi fasilitas kepada guru untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam pengembangan profesi serta memberi ruang dan memberi Fasilitas pada murid di setiap jenjang atau di bidang ekskul, intrakurikuler Dan kokurikuler. 

Wassalam


CGP Herlina 


Posting Komentar untuk "Demonstrasi kontekstual 3.2 .a.7"