AKSI NYATA MODUL 3.3.a.10



PGP-4-PolewaliMandar-Herlina-3.3-Aksi Nyata.

https://youtu.be/oLfC4EPOlhc

Pengelolaan program yang berdampak pada murid yang kami laksanakan yakni BERAKSI (Berkemah dan Berliterasi) yang dimana kegiatan ini kami bingkai dalam sebuah kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dengan membangun Semangat Patriotisme murid dalam bidang Literasi, sehingga kami memberi nama Program SMANSA BERAKSI (Berkemah dan Berliterasi). 

FACTS (Peristiwa)

1. Latar Belakang 

Kegiatan sekolah yang terhambat dimasa pandemi ini salah satunya yaitu kegiatan program gerakan literasi sekolah sehingga membuat minat baca siswa semakin menurun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, menilai bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami krisis literasi. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat baca siswa, Kemdikbud mengembangkan program gerakan literasi sekolah. Kegiatan literasi ini sangat penting karena dengan diadakannya kegiatan ini peserta didik mampu bersosialisasi melalui kemampuan berbahasanya dan memahami makna suatu informasi dengan sejelas-jelasnya (Prasetya, 2020). Salah satu program literasi yang ada akan kami jalankan adalah Beraksi (berkemah dan berliterasi) dimana kegiatan ini kami bingkai dalam bentuk perkemahan sehingga murid dapat materi awal tentang perlunya meningkatkan literasi serta teknik tehnik dalam mengembangkan literasi sesuai dengan minat dan potensi setiap murid. Oleh karena itu, peserta didik dapat menyampaikan kembali informasi tersebut dengan baik dan jelas. Demi tercapainya kegiatan literasi sekolah ini, maka butuh kerjasama dengan pihak sekolah, masyarakat, serta para orang tua siswa.


2. Alasan melakukan aksi nyata program "Beraksi" (Berkemah dan Berliterasi)

a. Masih lemahnya budaya literasi murid

b. Banyak murid yang belum percaya diri untuk berbicara di depan kelas maupun di tempat umum

c. CGP ingin menumbuhkan jiwa kepemimpinan murid sehingga Murid memiliki kemampuan untuk menghasilkan sebuah karya dan berani tampil dan beraksi sesuai kemampuannya.

3. Hasil Aksi Nyata yang dilakukan "Beraksi" (Berkemah dan Berliterasi)

Aksi nyata pengelolaan program Smansa beraksi atau berkemah dan berliterasi dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan murid karena program ini memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk mengembangkan potensi dengan berbagai bentuk literasi dalam menuangkan pengalaman positif selama menempuh pendidikan di sekolah yang kemudian mereka tuliskan dalam berbagai bentuk baik cerita puisi maupun lagu bahkan beberapa juga yang menuangkan dalam bentuk pantun di mana Karya murid tersebut mereka tuliskan dan kemudian disatukan dalam sebuah papan Karya murid dan juga dipasang di beberapa mading kelas dan beberapa tulisan dimuat dalam media informasi sekolah yang dikelola oleh organisasi infos. Dan sebagai tindak lanjut ke depan karya murid tersebut akan disatukan dalam sebuah portofolio setiap murid kemudian akan di pamerkan pada pesta panen karya murid yang dilaksanakan di akhir semester ganjil.

4. Hasil Aksi Nyata yang dilakukan 

a. Murid terlatih berbicara di depan orang banyak

b. Murid terampil bercerita dengan susunan bahasa yang tepat dan menggunakan bahasa baku

c. Terbangunnya sikap patriotisme dan kolaborasi sesama murid yang menjadi peserta dalam kemah literasi

 d .Kemampuan murid untuk berliterasi dalam berbagai bentuk meningkat dan hampir setiap murid yang mengikuti program beraksi menghasilkan Karya.


FEELING (Perasaan)

Perasaan saya setelah kegiatan dalam menjalankan program beraksi atau berkemah dan berliterasi tentu sangat senang dan bersyukur karena dapat menjalankan aksi nyata sesuai dengan perencanaan pada tahapan Bagja dan juga dapat terus menggali ilmu dalam pendidikan guru penggerak ini sehingga saya selalu termotivasi karena banyak sekali hal pengetahuan yang akhirnya menambah pengalaman saya dalam proses pembinaan dalam pengajaran di sekolah terlebih pada saat saya membuat program yang tentunya berdampak pada murid di mana dalam program ini saya mulai dari perencanaan kemudian pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi program nah tentu untuk kedepannya saya membuat rencana tindak lanjut terkait dengan program yang saya rencanakan ini yang dimana rencana tersebut akan menghasilkan yang sangat berdampak untuk kemajuan sekolah dan untuk setiap murid yang telah menyusun karya tersebut.


FINDING (Pembelajaran)

Pembelajaran yang didapat dalam pelaksanaan program aksi nyata beraksi ini atau berkemah dan beriliterasi adalah saya akhirnya dapat membuat program yang berdampak pada murid dengan menggunakan alat bantu yakni tahapan baja yang dimulai dari buat pertanyaan ambil pelajaran gali mimpi jabarkan rencana atur eksekusi dengan memperhatikan diagram y yaitu suara pilihan dan kepemimpinan murid serta tujuh karakter lingkungan yang dikembangkan dan 7 aset modal yaitu aset manusia baik lingkungan aset fisik aset finansial aset sosial aset politik aset agama dan budaya dengan melakukan evaluasi terus-menerus maju dan berkelanjutan yang dapat terlihat nantinya dalam bentuk rencana tindak lanjut.

FUTURE (Penerapan)

Dalam kegiatan beraksi atau kemah dan berleterasi ini tentu memiliki rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang dengan melakukan pengelolaan program yang berdampak pada murid dan akan terus dikembangkan di sekolah dengan dukungan semua pihak termasuk orang tua murid. Kemudian perencanaan program tetap menggunakan tahapan Bagja diagram y yakni suara pilihan dan kepemimpinan serta tujuh karakter lingkungan yang dikembangkan dan 7 aset modal yang juga digunakan sebagai program yang berdampak pada murid untuk dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan murid dan dapat mewujudkan merdeka belajar dalam menuntun murid berdasarkan kodrat alam dan kodrat zamannya sehingga murid dapat berkembang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Demikian Aksi Nyata modul 3.3.a.10 yang kami laksanakan semoga dengan gerakan ini dapat menunjukkan perubahan kecil yang bernilai positif sebagai Program sekolah yang berkelanjutan sehingga karya murid dapat dipamerkan dalam pesta Murid diakhir semester nanti dan semoga dengan gerakan Beraksi ini dapat membangun semangat literasi murid dan terus berlanjut secara kontinyu dan tentunya akan memberi dampak naik bagi setiap murid maupun terhadap sekolah. 

Wassalam

CGP Herlina 







Posting Komentar untuk "AKSI NYATA MODUL 3.3.a.10"