Pendampingan Individu -3 CGP Polewali Mandar Sulawesi Barat


Pendampingan Individu-3
CGP Herlina
PP  Muhammad Yusuf
Fasilitator Siti Nurul Rohma

Salah satu kegiatan calon guru penggerak adalah mendapat pendampingan individu dari Pengajar Praktik (PP) yang ditugaskan di setiap Kabupaten masing-masing wilayah calon guru penggerak (CGP), dimana dalam pendampingan ini adalah kunjungan yang dilakukan oleh Pengajar Praktik ke sekolah calon guru penggerak sesuai dengan pembagian yang telah ditentukan di kelompok masing-masing. Saya (Herlina, M.Pd) salah satu calon guru penggerak dari SMA Negeri 1 Polewali yang juga merupakan dampingan dari Pengajar Praktik (PP) Pak Muhammad Yusuf, M.Pd dibawahnya bimbingan fasilitator Ibu Siti Nurul, M.Pd. 


Hari Kamis 7 April 2022 tepat dibulan Ramadhan merupakan jadwal Pendampingan Individu 3 pendidikan guru penggerak. Di mana fokus pendampingan 3 ini adalah
A. Langkah Awal
1. Proses yang sudah berjalan dan capek Yang selama 1 bulan terakhir.
2. Rencana tindak lanjut pendampingan sebelumnya
3. Hal-hal capean selama 1 bulan terakhir.
4. Observasi pembelajaran diluar atau belakang kelas serta mendokumentasikannya.
5. Mengisi lembar instrumen observasi budaya positif.

B. Langkah Inti
1. Diskusi komitmen calon guru penggerak serta dukungan yang diberikan dari kepala sekolah
2. Diskusi refleksi mengenai sosialisasi visi sekolah
3. Rencana yang akan dilakukan calon guru penggerak terkait praktik dan pembelajaran yang telah dilakukan mengenai penerapan disiplin positif di kelas dan perintisan komunitas praktisi
4. Praktik pemetaan kebutuhan belajar murid dan pembelajaran berdiferensiasi pada modul 2.1

C. Langkah Penutup 
1. Refleksi proses Pendampingan.

Fokus pendampingan di atas ini pun dijabarkan dalam berbagai instrumen yang telah disiapkan dalam LMS yang kemudian calon guru penggerak diminta untuk mengisi pada kolom yang telah disiapkan. Pada review proses pembelajaran di sini ada tiga pertanyaan yang dimana kesimpulannya menanyakan tentang proses yang sudah berjalan rencana tindak lanjut serta capaian yang telah diperoleh selama 1 bulan terakhir tentu terkait dengan review pembelajaran ini telah mengalami progres yang yang sangat signifikan karena secara pribadi saya sudah menerapkan beberapa metode atau cara pembelajaran yang telah saya dapatkan dalam kegiatan guru penggerak. 


Sementara untuk observasi budaya positif saya sudah mulai melaksanakan kesepakatan kelas dan kesepakatan belajar dalam proses kegiatan di sekolah selain itu juga sudah Membangun keyakinan kelas yang telah dirumuskan oleh anak kewalian saya. Adapun komitmen calon guru penggerak serta dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah sejauh ini di sekolah kami SMA Negeri 1 Polewali Alhamdulillah sangat mendukung program yang Kami ikuti begitupun dengan kepala sekolah juga merespon positif terkait program yang CGP usulkan untuk program sesuai dengan profil pelajar Pancasila begitu pun dengan usulan dan rancangan visi sekolah yang berpusat pada peserta didik. Di sekolah kami SMA Negeri 1 Polewali calon guru penggerak yang lolos di angkatan keempat ada ada 6 orang yang tentunya menjadi kekuatan besar kami dalam merancang segala program sesuai dengan ilmu yang kami dapatkan dalam pembelajaran guru penggerak. Komitmen dan kesepakatan para calon guru penggerak inilah yang menjadi modal utama kami untuk nantinya melancarkan segala program yang kami usulkan dalam aktivitas di sekolah. Sementara terkait dengan diskusi refleksi mengenai sosialisasi visi sekolah pada dasarnya di sekolah kami SMA Negeri 1 Polewali kami sudah menyusun rancangan visi sekolah yang berpusat pada peserta didik walaupun tingkat sosialisasi masih dalam lingkup kecil di sekolah ini dikarenakan pada minggu kemarin kegiatan di sekolah kami lebih fokus pada persiapan ujian akhir untuk kelas 12 sehingga rencana sosialisasi visi sekolah secara menyeluruh kepada warga sekolah akan kami laksanakan di bulan berikutnya. Sementara rencana yang akan dilakukan terkait praktik dan pembelajaran yang telah dilakukan mengenai penerapan disiplin positif di kelas dan perintisan komunitas praktisi akan kami laksanakan secara bertahap, untuk saat ini penerapan budaya positif telah dilaksanakan di beberapa kelas sesuai dengan kelas yang dikembang calon guru penggerak yang ada di sekolah kami dan dan akan kami programkan sosialisasi terkait budaya positif untuk seluruh warga sekolah sehingga setiap kelas pada akhirnya dapat melaksanakan atau merumuskan keyakinan kelas masing-masing. Olehnya itu strategi yang akan kami laksanakan adalah sosialisasi terkait program guru penggerak, visi guru penggerak, budaya positif, serta komunitas praktisi yang nantinya kami akan masukkan dalam program utama disekolah.

Adapun mengenai praktik pemetaan kebutuhan belajar murid dan pembelajaran berdiferensiasi secara pribadi sudah kami laksanakan dalam setiap calon guru penggerak yang ada di sekolah kami. Di mana dalam praktik pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional telah kami lakukan dalam bentuk aksi nyata baik sesuai dengan tugas dalam Modul dan pada saat pendampingan dari PP. Rencana selanjutnya yang dapat kami lakukan dalam pembelajaran ini adalah memasukkan pembelajaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial emosional dalam rpp untuk kemudian kami laksanakan di setiap Pembelajaran Selain itu kami juga akan melakukan pengemasan kepada teman guru lainnya sehingga impian murid untuk merdeka belajar dapat terwujud.

Di tahap terakhir adalah instrumen refleksi proses pendampingan yang dimana dari pendampingan ini ini kami mendapat pertanyaan tentang apa yang membuat Kami bangga sejauh menjalani program ini secara pribadi yang kami syukuri adalah mendapat ilmu dan pengalaman untuk Lebih memahami tugas dan tanggung jawab serta perang sebagai guru sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara. Sebagai penutup refleksi terkait dengan pendampingan ini tentu sangat membantu kami calon guru penggerak dalam melaksanakan program tugas dan tanggung jawab Kami dimana Pengajar Praktik begitu berperang mendampingi kami dan memberi kami pemahaman lebih dalam terkait dengan tugas dan tanggung jawab Kami ke depannya Selain itu pengajar praktik juga mempunyai peran melakukan pendampingan dan fasilitasi kami pada saat lokakarya dan memberikan kami umpan balik yang baik dalam kegiatan dan memberi kami dorongan, support Serta menjadi energi positif untuk kami sehingga semangat para CGP tetap terbangun. 





Catatan pembelajaran CGP 
Herlina







Posting Komentar untuk "Pendampingan Individu -3 CGP Polewali Mandar Sulawesi Barat "