JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 13 Modul 2.2.a.10.2








Refleksi Minggu ke 13
Nama CGP Herlina
Asal Sekolah SMA NEGERI 1 POLEWALI 
Provinsi SULAWESI BARAT
Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

Salah satu kewajiban Calon Guru Penggerak adalah menuliskan jurnal di setiap minggu selama pembelajaran guru Penggerak berlangsung, dalam hal ini jurnal terus dibuat selama 9 bulan dengan menyesuaikan modul yang terdapat dalam LMS. Tentu giat ini CGP diharapkan untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman Serta praktik baik yang telah dilakukan selama sepekan pembelajaran selain itu jurnal juga sebagai sarana untuk kita dapat mengenal diri sendiri dengan melakukan Refleksi dari aktivitas yang dilakukan dalam seminggu,  salah satu kalimat Denton 2018 dalam tulisannya mengatakan bahwa Jurnal  juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran. Selain itu dalam beberapa jurnal menuliskan bahwa kemampuan menulis tentang pikiran, perasaan dan peristiwa kehidupan dalam jurnal sehari-hari telah lama dipercaya dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis dan semakin banyak juga penelitian yang menunjukan bahwa menuangkan perasaan dalam bentuk tulisan juga bermanfaat bagi kesehatan fisik. Pendapat lain juga mengatakan bahwa menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). 
Olehnya itu pada Refleksi ke -13 ini saya mencoba menuliskan dalam bentuk Blok dengan Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dimana penjabaran 4 F adalah  
Facts (Peristiwa): Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?
Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut. 
Findings (Pembelajaran): Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini? 
Future (Penerapan): Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?



Facts (Peristiwa)
Dalam Minggu ke-13 ini pada Modul 2.2.a.10.2 Fokus pada pembelajaran Sosial dan Emosional. Dengan tahapan LMS masuk pada 
* Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial Emosional
*  Unggah Hasil Kolaborasi dengan Sesama CGP
* Refleksi Terbimbing Pembelajaran Sosial Emosional
* Demonstrasi Kontekstual Pembelajaran Sosial Emosional
Serta pendampingan Individu CGP Dari PGP 
Dan Melaksanakan Lokakarya ke-3.



Feeling (Perasaan) 
Khusus pada minggu ini perasaan saya terkait pembelajaran Sosial dan Emosional tentu sangat bersyukur karena melalui ruang kolaborasi saya bisa memahami mengenai pembelajaran Sosial dan Emosional yang dimana dengan adanya shering pendapat dengan teman baik dalam kelompok kecil dan diskusi dalam kelompok besar pada saat persentase lebih membuka cakrawala saya terkait Pembelajaran Sosial dan Emosional. Adapun perasaan saya saat menerapkan Aksi Nyata dikelas terkait dengan pembelajaran PSE membuat saya senang dan bersyukur karena dengan pembelajaran ini saya semakin mampu memanajemen diri dalam pelaksanaan pembelajaran. Begitupula dengan Perasaan pada Lokakarya dimana segala aktivitas berjalan dengan penuh keceriaan dan diskusi Serta shering pengalaman bersama CGP lainnya berjalan dengan humanis.



Findings (Pembelajaran)

Adapun pembelajaran yang saya dapatkan dalam proses pembelajaran PSE adalah Manajemen diri dengan memahami kompetensi Sosial dan Emosional yang terdapat dalam lima kompetensi,  Selain itu dalam proses Diskusi tentu nilai yang saya dapatkan adalah Nilai Kolaborasi dan gotong royong dimana dengan menyelesaikan tugas dalam kelompok kecil kami bersama-sama saling berdiskusi dan memasukkan ide hingga akhirnya melahirkan kesepakatan untuk mengisi lembar penugasan pada tabel 3.1 dan 3.2 yang kemudian dapat kami jadikan bahan persentase dalam kelompok besar. Selain itu dalam Minggu ini juga perasaan saya sangat senang dengan menyelesaikan tugas dari pendamping Pengajar praktik melalui PI2 dan sangat bersyukur karena selesai melaksanakan Lokakarya ke-3 dengan perumusan Visi Misi Sekolah yang dimana dalam kegiatan ini berjalan sesuai harapan serta diperkuat dengan kehadiran pengawas dan kepala sekolah sehingga hal tersebut sangat memudahkan kami dalam melakukan Aksi nyata. Adapun Hal baru yang saya ketahui setelah pembelajaran diminggu ini adalah Pentingnya membangun kolaborasi dengan pendekatan Pembelajaran Sosial Emosional yang memudahkan kita dalam mencapai tujuan bersama yang diinginkan. Hal tersebut juga sangat selaras dengan tulisan Hellen Keller yang terdapat dalam Modul "Hanya Sedikit pekerjaan yang bisa dilakukan sendirian, Namun bersama-sama kita bisa kerjakan banyak hal" 



Future (Penerapan) 
Adapun yang saya lakukan kedepannya setelah pembelajaran PSE ini adalah mencoba menerapkan 5 kompetensi Sosial dan Emosional dalam berbagai kegiatan baik dalam proses pembelajaran di kelas maupun di lingkungan sekolah Serta dilingkungan masyarakat. Begitu pula untuk kedepannya pembelajaran PSE ini akan saya Implementasikan ke Murid dengan harapan murid mampu mengolah sosial emosional sehingga dapat beradaptasi baik dilingkungan kelas, sekolah maupun lingkungan Masyarakat. Selain itu penerapan sesuai dengan Lokakarya ke-3 adalah membuat Aksi nyata terkait program jangka pendek sesuai dengan Visi Misi yang berpihak pada Murid serta membangun dan mengaktifkan Komunitas praktisi di Sekolah sesuai dengan program kegiatan yang dirumuskan olek pengurus komunitas praktisi. 
 

Refleksi Minggu ke 13 

CGP Herlina

Posting Komentar untuk "JURNAL REFLEKSI MINGGU KE 13 Modul 2.2.a.10.2 "